Wednesday 12 December 2007

HARI INI

Semalam untuk kedua kalinya berturut-turut, saya tertidur di lantai tanpa alas karpet ataupun kasur. Tapi masih untungnya, saya sempat menjadikan tas sebagai bantalan tidur, tak seperti malam sebelumnya yang ketiduran sewaktu menulis. Ceritanya, saya baru belajar untuk ujian syntax tadi pagi. Entah bagaimana awalnya, yang jelas, saya tertidur. Dengan badan yang sudah sangat lelah karena banyaknya hal yang harus dipikirkan dan dilakukan, saya tidak merasakan dinginnya lantai kamar kos lagi. Ya, tak peduli lagi. Saya pikir dengan badan yang lelah itu saya bisa tidur nyenyak tanpa bermimpi apa-apa, ternyata saya salah. Malam kemarin saya bermimpi berdiskusi dengan Andre Hirata -penulis Laskar Pelangi- tentang PBB yang mati fungsi, tentang pendidikan Indonesia, tentang guru, tentang pembajakan, dan tentang buku-bukunya. Alhasil, bangun-bangun saya bukannya merasa segar, tapi justru semakin lelah. Saya hanya bisa menghelas nafas, "Ya Allah..."
Ingin rasanya tidur lagi, tapi kemudian adzan subuh berkumandang. Saya sholat, beres-beres kamar dengan buku yang bertumpuk, lalu mulai menyalakan komputer untuk mengerjakan tugas. Belum jadi mengetik tugas, hp saya bunyi. SMS dari Arie. Kuliah jam pertama kosong. Oke. Saya lanjutkan mengerjakan tugas dengan agak tersendat. Di samping karena hp dari tadi bunyi terus, sms dari teman-teman yang menenyakan kabar kosng, mengabari kalau kuliah kosong, ataupun bertanya masalah tugas, juga karena tugasnya sulit. Tapi toh akhirnya selesai juga. Alhamdulillah.
Di kampus, beberapa teman sedang dan masih juga mengerjakan tugas, saya agak lega karena sudah selesai. Saya hanya bingung masalah ujian nantinya. Saya akhirnya belajar bersama seorang teman, Dyah, dan sempat bertanya pada seorang kakak tingkat -mas arif-.
Ujian datang. Awalnya enjoy sekali mengerjakan tugas, tapi setelah selesai mengerjakan, malah saya jadi bingung. Saya tadi gimana caranya mengerjakan ya, karena semua mengalir begitu saya. Saya tadinya terlalu asyik mengerjakan soal bagaikan anak kecil dapat mainan baru. Saya teliti ulang. Bingung. Tapi berhubung sudah cukup yakin, ya saya kumpulkan di waktu pengumpulan. Tepat waktu. Hehehe. Soalnya sedikit sih...tapi jawabannya yang banyak.
Setelah itu berdiskusi masalah ujian bersama teman-teman. Ada yang mengecewakan, tapi biarlah, sudah lewat ini. Sorenya nonton futsalnya anak-anak. Pertandingan antar tingkat. Lalu Dedi, di sela-sela sore tadi, menyerahkan flashdisk tercintanya, pada saya untuk meng-copy tugas silabus. Dan pada akhirnya, FD nya nyetrum. Hah...bikin kaget saja.
Dan saya tulis semua ke dalam blog deh semuanya....


No comments: